Sabtu, 05 September 2009

Sistem Lima Kingdom

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi mendorong R.H.Whittaker (1969) menyusun klasifikasi berdasarkan tingkatan makhluk hidup, susunan sel, dan cara memperoleh nutrisi. Klasifikasi ini disebutjuga klasifikasi lima kingdom. Pada klasifikasi lima kingdom terjadi
perubahan-perubahan yang besar dalam penataan filum. Hal ini di sebabkan adanya tambahan satu kingdom, yaitu Protista.
Secara lengkap klasifikasi lima kingdom adalah sebagai berikut.
A. Kingdom Monera
Kingdom ini terdiri atas semua makhluk hidup yang tidak memiliki membran inti (prokariotik), tidak memiliki mitokondria, lisosom, badan golgi, dan retikulum endoplasma. Makhluk hidup dalam kingdom iniberkembang biak dengan pembelahan langsung (amitosis). Makhluk
hidup yang termasuk dalam kingdom monera adalah Archaebacteria dan Eubacteria.
Archaeobacteria merupakan bakteri yang hidup di tempat seperti sumber air panas, berkadar garam tinggi, dan panas atau asam.
Eubacteria lebih umum karena banyak terdapat di alam. Eubacteria terbagi atas enam filum, yaitu bakteri ungu, bakteri hijau, bakteri garam positif, Spirochetes, Prochlorophyta, dan Cyanobacteria.
B. Kingdom Protista
Semua makhluk dengan membran inti dan organel bermembran, uniseluler atau multiseluler, tetapi susunan selnya sederhana dan tidakmembentuk suatu jaringan.
Filum atau divisio yang masuk dalam kingdomProtista adalah Euglena, Rhizopoda, Flagelata, Ciliata, Sporozoa,Cryzophyta, Chlorophyta, Phaeophyta, Rhodophyta, Pyrrophyta,
Myxomycota, dan Oomycota.
C. Kingdom Fungi
Kingdom Fungi terdiri atas semua jamur, kecuali Myxomycota danOomycota. Makhluk hidup dalam kingdom ini tidak berklorofil,eukariotik, heterotrof, dinding sel terbentuk dari zat kitin, dan umumnya bersifat saprofit dan parasit. Divisio yang termasuk dalam
Kingdom Fungi adalah Zygomycota, Ascomycota, Basidiumycota, dan Deuteromycota.
D. Kingdom Plantae
Kingdom Plantae terdiri atas semua tumbuhan yang berciri eukariotik, bersel satu, bersel banyak, tetapi tidak terdeferensiasi (ganggang cokelat dan merah), bersel banyak dan terdefensiasi membentuk jaringan (tumbuhan lumut, paku, dan tumbuhan biji), dinding sel tersusun dari selulosa, mengandung klorofil, bersifat autotrof, dan mengalami pergiliran keturunan.
Kingdom Plantae terdiri atas beberapa divisio, yaitu Bryophyta (tumbuhan lumut),
Pteridophyta(tumbuhan paku), dan Spermatophyta (tumbuhan berbiji).
E. Kingdom Animalia
Kingdom Animalia terdiri atas semua hewan yang mempunyai sel eukariotik, bersel banyak, dan terdeferensiasi membentuk suatu jaringan tertentu, bersifat heterotrof, dan dapat bergerak bebas.
Kingdom Animalia terdiri atas beberapa filum, yaitu Porifera, Coelenterata, Platyhelminthes, Nemathelmintes, Rotifera, Bryzoa, Mollusca, Annelida, Anthropoda, Echinodermata, dan Chordata.

0 komentar:

Posting Komentar

Template by : kendhin x-template.blogspot.com