Sabtu, 17 April 2010

Lazzaro Spallanzani (1729-1799)


Spallanzani dilahirkan pada tanggal 12 Januari 1729, di Scandiano, Italia. Ia hadir di Universitas Bologna dan mulai Nya dalam studi hukum. However, his cousin, Laura Bassi, a professor of physics and mathematics, introduced him to a broadrange of scientific studies. Spallanzani diubah-Nya dan pendidikan saja, di 1754, ia seorang yang Ph.D. dalam filosofi. Dia bergabung ke supporthimself keimamatan sementara ia belajar fenomena alam, berharap untuk menentukan acara seperti explanationsfor sebagai batu skipping di air, maka regenerasi dari decapitated siput kepala, listrik dan pembuangan torpedo ikan. Selama karir ofhis, Spallanzani akan memeriksa pits peludahan dari gunung berapi, dunia reproduksi, air dari eels, gelap kedalaman dari kelelawar dari rumah, dan liku-liku dari sistem vascular.

Namun Spallanzani dari kontribusi besar pada bidang spontan generasi mikroorganisme. Teori generasi spontan yang diadakan livingcreatures dapat mengembangkan tak bernyawa dari masalah, terutama dari pembusukan hal. Misalnya, Aristotle percaya bahwa kehidupan hewan yang dihasilkan spontaneouslyfrom lumpur, kotoran, atau pembusukan kayu. Lainnya ilmuwan percaya alligators timbul dari Sungai Nil lumpur, cacing berasal dari Sungai Thames lumpur, dan datang fromcheese mites.

Francesco Redi, (1626-1697) seorang dokter dan naturalis Italia, dilakukan percobaan di abad ketujuhbelas yang pertama yang dispelled mitos dari generasi spontan. Menggunakan teori yang pembusukan produk hanya menjabat sebagai nesting situs maggots ke bertelur, Redi menunjukkan bahwa, dalam cuaca panas, maggotswould muncul di terkena daging hewan atau mati. Jika daging segar ditempatkan dalam kendi ditutup dengan kain kasa yang halus, tidak ada maggots muncul.

Spallanzani, sementara, ditetapkan dalam 1765 untuk membuktikan bahwa mikroorganisme existedbecause mereka sudah ada dalam beberapa bentuk dalam solusi, kontainer, atau udara. Dia mengambil solusi yang ia tahu akan "berkembang biak" organisme dan direbus untuk mereka sampai satu jam. Flasks rapat-rapat yang telah dimeteraikan untuk menahan kejangkitan udara. Tidak berkembang.

Tetapi proponents dari teori generasi spontan diberhentikan dari percobaan Spallanzani, hanya menyatakan bahwa proses perebusan telah hancur vitalto elemen yang perambatan dari organisme. Ia tidak sampai Louis Pasteur dari bakteri percobaan pada abad kemudian telah membuktikan bahwa Spallanzani kanan. Spallanzani kerja tentang generasi spontan akhirnya menyebabkan sarana pelestarian makanan melalui panas sterilisasi dan pengalengan.

Spallanzani juga menjadi perhatian beliau ke sistem peredaran darah. Melihat thesystem darah di dalam sebuah kapal induk ayam dari telur pada 1771, ia mampu determinethat sebuah jaringan arteriovenous ada dalam hewan berdarah panas. Dengan furtherstudy dari sistem peredaran darah, di mana Spallanzani mempelajari perubahan-perubahan yang terjadi setelah kematian mendatang serta efek dari luka di berbagai bagian dari sistem, dia akhirnya mengembangkan teori tekanan darah. Dia ditentukan bahwa arterial pulse adalah karena tidak cukup untuk beratnya dari otot jantung, tetapi yang dimaksudkan untuk mendorong dan kuat darah terhadap vascular dinding.

Ia juga melibatkan pertanyaan berikutnya pemupukan telur. Dia mulai dengan perkawinan praktik katak dan toads. Oleh 1785, ketika ia bekerja dengan anjing, ia dipaksa pertama kasus inseminasi buatan. Spallanzani dari keingintahuan fenomena alam sekitarnya membawanya pada sebuah ekspedisi ke volcanoesof Vesuvius, Stromboli, Vulcano, dan Etna. Selama perjalanan, ia naik towithin lima kaki lava pijar untuk mengukur arus nya. Dia menderita dibakar sebagai kaki ia turun ke dalam usus dari Vulcano. Dia sadar yang diberikan oleh gas di Etna. Spallanzani volkanis dari studi yang dia statusnya sebagai pelopor dalam volcanology.

Salah satu dari Spallanzani akhir penyelidikan membawanya ke dalam gelap dunia kelelawar. Dia tertarik dengan kemampuan untuk mengarahkan tanpa cahaya. Bahkan blinded, kelelawar di perjalanan dan bisa makan tanpa gangguan atau ragu-ragu. Spallanzani pergi melalui indera satu per satu, mencoba untuk menemukan satu yang governedthe kebiasaan dari kelelawar. Melalui proses penghapusan, ia menemukan bahwa plugging up the kelelawar 'telinga diberikan directionless mereka. Spallanzani saat menerima teori echolocation, teori ini tidak menjelaskan sampai 1941, ketika Donald R. Griffin menggambarkan bat's sensitivitas ke gelombang suara. Spallanzanidied pada 11 Februari 1799, di Pavia, Italia.

0 komentar:

Posting Komentar

Template by : kendhin x-template.blogspot.com